Memperkuat Ekosistem Inovasi dan Kolaborasi Mewujudkan Untan yang Berdaya Saing Menuju World Class University
Social Media :
Jl. Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak - Kalimantan Barat (78124)
(0561) 739630
untan_59@untan.ac.id
“Membangun Ekosistem Digital Menuju Universitas Siber”
© 2024 Universitas Tanjungpura. All Rights Reserved.
Show :
18 Oktober 2024
Pontianak. FISIPUNTAN. Salam Informasi. pengelola informasi fisip universitas tanjungpura memiliki peran penting dalam memberikan informasi kepada publik. Baik informasi tentang program studi, kegiatan fakultas, berita terbaru, dan layanan lainnya kepada mahasiswa, dosen, alumni, dan masyarakat umum.Untuk memperoleh informasi publik di lingkungan FISIP UNTAN dapat dilakukan melalui media elektronik maupun nonelektronik yang telah disediakan. Selain informasi yang diminta, FISIP UNTAN juga menyediakan berbagai informasi.Produk informasi berupa teks, video, gambar disediakan sesuai kategori baik yang wajib tersedia setiap saat, informasi yang disediakan dan diumumkan secara berkala. Informasi tersebut ditampilkan melalui website resmi PPID FISIP UNTAN. Hasil dan capaian terwujud melalui inovasi terobosan pengelola informasi publik fisip universitas tanjungpura dalam menerapkan transparansi tata kelola yang sesuai dengan aturan dan kebutuhan publik saat ini.Pada tahun 2024, informasi publik yang telah dihasilkan oleh pengelola informasi pada fisip universitas tanjungpura adalah 156 informasi terdiri 124 informasi berkala dan 231 informasi setiap saat, dengan total 231 dokumen. Hasil ini menunjukkan capaian teratas FISIP dari 22 unit kerja di lingkungan Universitas Tanjungpura. yang mana fisip telah berkontribusi sekira 24,3% dari total 642 produk informasi universitas. Adanya capaian tersebut, menjadi tantangan bagi pengelola informasi FISIP UNTAN dimasa mendatang, tentunya dengan tetap mengembangkan sarana dan prasarana dalam mendukung layanan atau akses informasi publik. Adanya pengembangan sarana tersebut, pastinya dapat memberikan layanan informasi yang lebih luas dan optimal serta dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas. sumber: PPID FISIP Universitas Tanjungpura
01 Oktober 2024
Pontianak, FISIP. MBKM FISIP UNTAN 2024 skema mandiri untuk kegiatan Magang diikuiti 301 mahasiswa peserta yang tersebar di 60 instansi mitra di wilayah kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. Peserta MBKMmplementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) FISIP UNTAN tahun 2024 ini total diikuti 719 mahasiswa terdiri: MBKM Kewirausahaan 125, Proyek kemanusiaan 123, Bina Desa 122, Magang 301 dan Riset 48 mahasiswa.Proses kegiatan MBKM berlangsung maraton sejak Jum’at (13/09) konsolidasi bersama mitra di aula S2 Program Magister FISIP UNTAN, Selasa (17/09) penempatan mahasiswa MBKM magang oleh 35 Dosen Pendamping Lapangan (DPL), dan Rabu (18/09) launching dan sosialisasi MBKM FISIP UNTAN di Gedung Konferensi Universitas Tanjungpura.Ketua Pelaksana Kegiatan MBKM Mandiri, Viza Juliansyah, mengungkapkan harapannya agar mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Menurutnya, program ini menjadi langkah awal mereka untuk mengenal dunia kerja. seperti dilansir RRI.co.id (18/9)“Program ini seharusnya menjadi kesempatan untuk mereka berproses dan mempelajari hal-hal baru secara nyata di dunia luar kampus,” ujar Viza Juliansyah.MBKM Magang, penempatan mahasiswa di lokasi mitra sebagai berikut:1) Stasiun TVRI Kalbar2) Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat3) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prov. Kalbar4) Polres Kuburaya5) Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Prov. Kalbar6) Badan Perencanaan dan Pembangunan Kab. Kuburaya7) Badan Pusat Statistik Kota Pontianak8) Badan Pusat Statistik Prov. Kalbar9) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak Prov. Kalbar10) UPT Pangan dan Hortikultura Prov KalbarProgram MBKM Mandiri 2024 akan berlangsung selama dua bulan, dari 17 September hingga 15 November 2024. Tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan program MBKM Mandiri di FISIP Untan. Salah satu peserta, Akademus Caturio, berharap program ini dapat memberikan pengalaman kerja yang berharga.11) UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Prov. Kalbar12) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalbar Cq. Divisi Permasyarakatan di Balai Permasyarakat Kelas II Pontianak13) Komisi Pemilihan Umum Kubu Raya14) Polda Kalbar15) Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa16) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Prov. Kalbar17) Polresta Pontianak18) Kantor Camat Pontianak Selatan19) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalbar20) Komisi Penyiaran Indonesia Daerah KalbarPeluncuran MBKM Periode 202421) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak22) NGO Sampan Kalimantan23) DPRD Provinsi Kalbar24) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov Kalbar25) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak26) Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Kalbar27) Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Prov. Kalbar28) Kejaksaan Negeri Pontianak29) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Kalbar30) Biro Adpim Prov. Kalbar31) Biro Adpim Setda Prov. Kalbar32) Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kalbar33) Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pontianak34) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Prov. Kalbar35) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura36) Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalbar37) DInas Perhubungan Kota Pontianak38) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Prov. Kalbar39) XL Home40) Kantor Camat Sungai Raya51) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura Pontianak52) Stasiun LPP RRI Pontianak53) Badan Pendapatan Daerah Kota Pontianak54) Komisi Perlindungan dan Pengawasan Anak Daerah Kota Pontianak55) Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak56) Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII Kalimantan Barat57) Satuan Polisi Pamong Praja Prov. Kalbar58) Dinas Koperasi UKM Prov. Kalbar59) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Prov. Kalbar60) Bawaslu Kuburaya
30 September 2024
ASN Berakhlak merupakan komitmen untuk mewujudkan budaya kerja yang berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif berdasar Peraturan Menteri PANRB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Aparatur Sipil Negara.Aparatur Sipil Negara BerAKHLAK di FISIP UNTAN dilaksanakan dengan keikutsertaan seluruh dosen dan tenaga kependidikan (tendik) FISIP UNTAN yang mengikuti program Pelatihan Literasi Digital Sektor Pemerintah di Kemdikbud Pusat pada 28 Maret s.d 8 April 2024.Berita terkait selengkapnya:Aparatur Sipil Negara BerAKHLAK diharapkan semakin menambah kuat budaya kerja selama ini dalam melayani masyarakat;Core Values ASN menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo “ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama.”Panduan Perilaku Core Values ASN BerAKHLAK sebagai berikut:Berorientasi PelayananAkuntabelKompetenHarmonisLoyalAdaptifKolaboratifASN harus mempunyai orientasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.Diharapkan dengan menerapkan nilai-nilai dasar ASN ini, sivitas akademika FISIP UNTAN dapat menjadi bagian dari agen perubahan yang positif di masyarakat.Gerakan ASN BerAKHLAK FISIP UNTANI’m going to discuss a few reasons why practice is important to learning skills. The only way to truly master a skill is by actually doing what you’ll have to do in the real world. I think practice can be a fun way of putting in the necessary hours. There are some people who will disagree. It is said that people tend to remember only 10-20% of what they’ve heard or read. That number rises to as much as 90% when you put theory to practice. Following up explanation with practice is key to mastering a skill.In this paragraph, I’m going to discuss a few reasons why practice is important to mastering skills. Firstly, the only way to truly learn a skill is by actually doing what you’ll have to do in the real world. Secondly, I think practice can be a fun way of putting in the necessary hours. There are, however, some people who will disagree. Thirdly, and most importantly, it is said that people tend to remember only 10-20% of what they read or hear. Moreover, that number rises to as much as 90% when you put theory to practice. In conclusion, following up explanation with practice is key to mastering a skill.In this paragraph, I’m going to discuss a few reasons why practice is important to mastering skills. Firstly, the only way to truly learn a skill is by actually doing what you’ll have to do in the real world. Secondly, I think practice can be a fun way of putting in the necessary hours. There are, however, some people who will disagree. Thirdly, and most importantly, it is said that people tend to remember only 10-20% of what they read or hear. Moreover, that number rises to as much as 90% when you put theory to practice. In conclusion, following up explanation with practice is key to mastering a skill.I’m going to discuss a few reasons why practice is important to learning skills. The only way to truly master a skill is by actually doing what you’ll have to do in the real world. I think practice can be a fun way of putting in the necessary hours. There are some people who will disagree. It is said that people tend to remember only 10-20% of what they’ve heard or read. That number rises to as much as 90% when you put theory to practice. Following up explanation with practice is key to mastering a skill.In this paragraph, I’m going to discuss a few reasons why practice is important to mastering skills. Firstly, the only way to truly learn a skill is by actually doing what you’ll have to do in the real world. Secondly, I think practice can be a fun way of putting in the necessary hours. There are, however, some people who will disagree. Thirdly, and most importantly, it is said that people tend to remember only 10-20% of what they read or hear. Moreover, that number rises to as much as 90% when you put theory to practice. In conclusion, following up explanation with practice is key to mastering a skill.In this paragraph, I’m going to discuss a few reasons why practice is important to mastering skills. Firstly, the only way to truly learn a skill is by actually doing what you’ll have to do in the real world. Secondly, I think practice can be a fun way of putting in the necessary hours. There are, however, some people who will disagree. Thirdly, and most importantly, it is said that people tend to remember only 10-20% of what they read or hear. Moreover, that number rises to as much as 90% when you put theory to practice. In conclusion, following up explanation with practice is key to mastering a skill.
31 Agustus 2024
Jakarta, Kemdikbudristek. Pengumuman Seleksi CPNS Kemdikbudristek sebagaimana dirilis Sekretaris Jenderal dalam Pengumuman Nomor: 21765/A.A3/Kp.01.01/2024 Tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Tahun Anggaran 2024.Alokasi kebutuhan jabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun Anggaran (T.A.) 2024 sejumlah 12.843, dengan rincian sebagai berikut. a. Jabatan Fungsional sejumlah 12.462, dengan rincian sebagai berikut: 1) Dosen sejumlah 10.395 2) Teknis lainnya sejumlah 2.067b. Jabatan Pelaksana Tenaga Kependidikan sejumlah 381.Alokasi dan formasi CPNS ini Berdasarkan peraturan sebagai berikut: 1. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 293 Tahun 2024 tanggal 2 Juli 2024 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Instansi Pemerintah Tahun Anggaran 2024. 2. Surat Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tanggal 13 Agustus 2024 tentang Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS Tahun Anggaran 2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memberikan kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.e. Pelamar umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a, b, c,dan d. 2. Pelamar sebagaimana angka 1 (satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam bagian IV. Persyaratan Pelamar.jadwal CPNS Kemdikbudristek 2024 Informasi mengenai unit kerja dan rincian kebutuhan (jabatan, kualifikasi pendidikan, jumlah kebutuhan, dan rencana penempatan) dapat dilihat pada lampiran pengumuman ini (PPID UNTAN) atau yang dimuat pada laman https://casn.kemdikbud.go.id.
10 Juni 2024
Direktori & kalender Pelatihan ASN Kemdikbudristek Pelatihan Tahun 2024 ini terdapat direktori berisi jenis, deskripsi, dan jadwal pelatihan yang akan diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai (Pusdiklat Pegawai) Kemendikbudristek pada tahun 2024.Kepala Pusdiklat Kemdikbud, Mustangimah menerangkan didalam pengantar direktori bahwa Tujuan disusunnya Direktori dan Kalender Pelatihan Tahun 2024 adalah untuk memberikan informasi secara rinci dan menyeluruh kepada Pimpinan Unit Kerja dan kepada pegawai ASN di lingkungan Kemendikbudristek serta pemangku kepentingan mengenai program dan jadwal pelatihan yang akan diselenggarakan oleh Pusdiklat Pegawai Kemendikbudristek pada tahun 2024.Selain itu, Direktori dan Kalender Pelatihan Tahun 2024 ini juga dilengkapi dengan tautan pendaftaran peserta. Harapannya, dengan adanya Direktori dan Kalender Pelatihan Tahun 2024 ini, Pimpinan Unit Kerja dan pegawai ASN di lingkungan Kemendikbudristek, serta para pemangku kepentingan dapat memilih jenis pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan Unit Kerja dan menyesuaikan pelatihan pegawai ASN dengan kegiatan pada Unit Kerja.Dengan demikian, pelatihan pegawai ASN sebagai upaya pengembangan kompetensi yang merupakan kewajiban bagi ASN dapat berjalan secara optimal dalam rangka mendukung kinerja organisasi.Direktori Pelatihan ASN Kemdikbud 2024 selengkapnya silahkan baca disinisumber: PPID FISIP UNTAN
10 Juni 2024
Direktori & kalender Pelatihan ASN Kemdikbudristek Pelatihan Tahun 2024 ini terdapat direktori berisi jenis, deskripsi, dan jadwal pelatihan yang akan diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai (Pusdiklat Pegawai) Kemendikbudristek pada tahun 2024.Kepala Pusdiklat Kemdikbud, Mustangimah menerangkan didalam pengantar direktori bahwa Tujuan disusunnya Direktori dan Kalender Pelatihan Tahun 2024 adalah untuk memberikan informasi secara rinci dan menyeluruh kepada Pimpinan Unit Kerja dan kepada pegawai ASN di lingkungan Kemendikbudristek serta pemangku kepentingan mengenai program dan jadwal pelatihan yang akan diselenggarakan oleh Pusdiklat Pegawai Kemendikbudristek pada tahun 2024.Selain itu, Direktori dan Kalender Pelatihan Tahun 2024 ini juga dilengkapi dengan tautan pendaftaran peserta. Harapannya, dengan adanya Direktori dan Kalender Pelatihan Tahun 2024 ini, Pimpinan Unit Kerja dan pegawai ASN di lingkungan Kemendikbudristek, serta para pemangku kepentingan dapat memilih jenis pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan Unit Kerja dan menyesuaikan pelatihan pegawai ASN dengan kegiatan pada Unit Kerja.Dengan demikian, pelatihan pegawai ASN sebagai upaya pengembangan kompetensi yang merupakan kewajiban bagi ASN dapat berjalan secara optimal dalam rangka mendukung kinerja organisasi.Direktori Pelatihan ASN Kemdikbud 2024 selengkapnya silahkan baca disinisumber: PPID FISIP UNTAN
10 Juni 2024
Mulai 7 Mei 2024, seperti dilansir dari pusat informasi sister kemdikbud (6/6/24) semua Dosen wajib melengkapi data Rumpun Ilmu di akun SISTER masing-masing. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan terciptanya tata kelola dalam pelaksanaan penamaan program studi dan rumpun ilmu, sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 163/E/KPT/2022 tentang Nama Program Studi pada Jenis Pendidikan Akademik dan Pendidikan Profesi, serta Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Nomor 27/D/M/2022 tentang Daftar Nama Program Studi Jenis Pendidikan Tinggi Vokasi.Kedepannya, data rumpun ilmu Dosen digunakan sebagai dasar untuk penugasan asesor / penilai pada proses berikut:Agar terdapat relevansi dan pemahaman substansi terhadap kinerja dan kegiatan yang dilakukan oleh Dosen terkait, berdasarkan rumpun ilmu yang terstandar antar-layanan.Rumpun Ilmu merupakan pengelompokkan ilmu yang disusun secara sistematis yang terdiri dari Rumpun Ilmu, dikerucutkan ke Pohon Ilmu, dan mengerucut lagi ke Cabang Ilmu. Berikut contoh hierarki Rumpun Ilmu:Anda dapat memilih rumpun ilmu yang paling merefleksikan keahlian dan pengetahuan yang paling Anda kuasai sebagai Dosen. Anda dapat mempertimbangkan riwayat pendidikan formal Anda maupun program studi yang sedang Anda ajar.Dosen dihimbau untuk memilih rumpun, pohon, cabang ilmu berdasarkan pendidikan formal Dosen.Untuk pengisian rumpun ilmu (rumpun, pohon, cabang) pada profil, dosen dapat mempertimbangkan:Untuk memudahkan Anda melihat daftar Rumpun Ilmu, Pohon Ilmu, dan Cabang Ilmu yang dapat dijadikan referensi, silakan klik dokumen di bawah ini:Daftar Rumpun, Pohon, dan Cabang Ilmu (2024) Catatan: File Daftar Rumpun, Pohon, dan Cabang Ilmu telah diperbarui per 5 Juni 2024.Cakupan data rumpun ilmu yang perlu dilengkapi dan tercatat di SISTER yaitu:Program studi & riwayat pendidikan dapat menjadi opsi referensi dalam memilih Rumpun Ilmu. Berikut artikel panduan untuk Dosen mengisi Rumpun Ilmu dan Admin PT melakukan validasi pada data Rumpun Ilmu:sumber berita: pusatinformasi.sister.kemdikbud
28 Mei 2024
Jakarta, FISIPUNTAN – Dalam rangka MILAD ke-26 Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) memperingati Hari Kebangkitan Nasional berupa Seminar Nasional bertajuk “Strategi Pengembangan Pendidikan Tinggi Menuju Indonesia Emas Melalui Kampus Bersih Narkoba dan Hidup Sehat”. Seminar ini dilaksanakan pada hari Selasa, 28 Mei 2024 di Aula Dikti Kemendikbud Lt 2, Jakarta.Seminar ini dihadiri oleh berbagai narasumber ternama, di antaranya:Sejumlah pakar yang berperan sebagai penanggap dalam seminar nasional ini antara lain Prof.Dr.Sri Haryaningsih, M.Si, Guru Besar FISIP UNTAN.Beberapa poin penting dari seminar ini:Manfaat seminar ini:
24 Mei 2024
Surabaya – FISIPUNTAN | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tanjungpura (UNTAN) menjalin kerjasama dengan FISIP Universitas Airlangga (UNAIR) pada hari Kamis (23/5) di Kampus FISIP UNAIR Surabaya. Kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat kegiatan kolaborasi dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.Kolaborasi ini dimulai dengan pilot project Pengabdian Masyarakat yang dipimpin oleh Irfan Wahyudi, S.Sos., M.Comms., Ph.D., Wakil Dekan III FISIP UNAIR. Langkah awal ini diharapkan menjadi pondasi kuat dalam membangun kolaborasi berbagai kegiatan tri dharma antara kedua fakultas.berita terkait:Dalam sambutannya, Dr. Herlan menyampaikan harapannya bahwa kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mutu pendidikan di kedua institusi. “Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman, serta bersama-sama mengembangkan program-program inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.“Kerja sama ini merupakan langkah penting bagi kedua institusi dalam memperluas jaringan mitra akademis. Tentunya kita berharap proyek awal ini dapat menjadi pintu baik bagi FISIP UNAIR, maupun FISIP UNTAN untuk berbagai kegiatan kerja sama kedepannya,” ujar Irfan Wahyudi.Prof. Dr. Phil. Toetik Koesbardiati, Dra, Koordinator Program Studi S3 Ilmu Sosial yang juga hadir dalam acara, menyatakan bahwa FISIP UNAIR sangat siap menerima kerjasama di bidang pendidikan. Terutama bagi para tenaga pengajar di FISIP UNTAN yang ingin melanjutkan studi doktoral.“Kami sangat siap memberikan dukungan penuh apabila ada tenaga pengajar atau dosen-dosen muda dari FISIP UNTAN yang ingin melanjutkan pendidikan doktornya di FISIP UNAIR. Harapannya langkah ini dapat membantu meningkatkan baik kapasitas maupun kualitas akademik di kedua institusi,” tambah Prof. Toetik.Dekan FISIP UNTAN, Dr. Herlan, S.Sos., M.Si., juga menekankan harapannya agar kerja sama ini dapat terus berjalan. “Tentu harapannya kerja sama ini akan terus berjalan dengan membuka berbagai peluang kegiatan kerja sama yang dapat memperkaya pengalaman akademis maupun non akademis bagi dosen dan mahasiswa,” ujar Dr. Herlan.Berita menarik:Dengan kerjasama ini, FISIP UNAIR dan FISIP UNTAN berharap dapat berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mutu pendidikan di kedua institusi, memperluas jaringan mitra akademis, serta mengembangkan program-program inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Artikel ini menggambarkan kegiatan antar kedua Fakultas mencerminkan capaian IKU ke-6 KemdikbudRistek (Kemitraan) serta SDGs ke-4 (Pendidikan berkualitas) dan 17 (Kemitraan Mencapai Tujuan) .TPB/SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan dan sasaran global tahun 2030 yang dideklarasikan baik oleh negara maju maupun negara berkembang di Sidang Umum PBB pada September 2015. 17 Tujuan tersebut yaitu:(1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. (SDGs Bappenas, RI)Berita terkait:
20 Mei 2024
UNTAN.Pontianak. Sekilas sejarah Universitas Tanjungpura. 10 Maret 1959. Pengukuhan Jajaran Perguruan Tinggi Daja Nasional berdasarkan Akte Notaris Nomor 13, Kantor Notaris (w.s) Achmad Mourtadha Pontianak. 20 Mei 1959, Didirikan universitas swasta Universitas Daya Nasional oleh tokoh-tokoh politik dan pemuka masyarakat Kalimantan Barat (Kalbar) dengan 2 (dua) fakultas: Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga.27 Mei 1961, Perubahan Nama dan Anggaran Dasar Jajasan Perguruan Tinggi Daja Nasional, dikukuhkan berdasarkan Akte Notaris. 16 Mei 1963 Universitas Daya Nasional dinegerikan menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP) berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 tanggal 16 Mei 1963. Tanggal penegerian ditetapkan 20 Mei 1963. Perubahan ini ditandai pula dengan dibukanya 2 fakultas yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik serta perubahan Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi. Tercatat sebagai pelopor pembukaan Fakultas Pertanian adalah Ir. Soedarso Rawidjo, Kepala Dinas Pertanian Prop. Kalbar dan pelopor pembukaan Fakultas Teknik adalah Ir. Ktut Kontra, Kepala PLN Kalbar saat itu. Selengkap sejarah UNTAN klik disini.